19 April 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

OPINI : Filosopi Antara Bunga dan Harapan


OPINI : Filosopi Antara Bunga dan Harapan
Dobi Rizami. (ist)

EKSPOSKALTIM.COM - Ku berjalan dari sini kesana sampai disana diperlihatkan keindahan di halaman pemukiman warga warna warni bunga, seakan menunjukan warga menyalurkan kegemaran kekinian bercocok tanam bunga. Bunga juga diartikan lambang keindahan dan memberikan nilai–nilai keromantisan wujudkan keindahan yang tidak terlukiskan oleh kata- kata yang diucapkan.

Disuatu saat kita diperlihatkan seperti  acara pernikahan, ulang tahun anniversary bahkan bela sungkawapun bunga selalu menjadi tampilan. Bunga juga memberikan lambang apresiasi cinta dan ketulusan, persahabatan, kekeluargaan suka cita dan banyak yang lain.

GERARD De Nerval , penulis, penyair dan penterjemah Prancis Gerard Labrunis seorang tokoh romantisme yang dikenal dengan Novel dan Puisinya; Bunga adalah perhiasan dari bumi, setiap bunga adalah jiwa yang mekar di alam. Keanggunan dan kelembutan dibawa bunga membuat kita semua kagum dan gembira. Bunga hadiah yang melambangkan kasih sayang dan bagi orang-orang yang istimewa dalam kehidupan.

Keindahan aroma bunga dapat memberikan kesejukan, seakan ada kedamaian dalam tatanan pernyataan kasih yang indah dan menyentuh.

Setiap jenis bunga memiliki makna dan simbolisme tersendiri, mengutip dari media liputan 6, lima jenis bunga dan maknanya ; Pertama, Bunga Mawar : Bunga yang disenangi oleh sebagian besar wanita, tak hanya cantik, Mawar juga harum, Bunga Mawar sering dipilih sebagai hadiah. Selain itu, Bunga Mawar melambangkan cinta dan romantisme. Berbeda dengan Mawar putih yang melambangkan ketulusan,kemurnian dan juga rasa simpatik.

Kedua, Bunga Melati disimbolkan dengan cinta, namun beberapa budaya menganggap bunga melati mewakili apresiasi dan keberuntungan. Bunga Melati juga kerap digunakan dalam upacara pernikahan karena mewakili kesucian, sementara bunga melati di acara pemakaman melambangkan perpisahan.

Ketiga, Bunga Tulip, bunga yang berasal dari Negara Belanda  ini tak hanya cantik tapi juga elegan. Bunga Tulip  itu memiliki makna berbeda dengan warnanya. Bunga Tulip merah dikaitkan dengan cinta yang dalam. Bunga Tulip Ungu itu melambangkan simbol elegan dan kesempurnaan, sementara Tulip Putih melambangkan kesucian, kerendahan hati  dan penghormatan.

Keempat, Bunga Matahari, melambangkan kesetian. Ini sama seperti  karakter bunga, Matahari sendiri yang selalu tumbuh mengikuti arah cahaya matahari. Bunga Matahari dikenal juga sebagai bunga yang identik rasa bahagia, sehingga bisa menjadi hadiah yang sempurna untuk menyampaikan harapan atas hadirnya hari yang membawa kebahagian bagi seseorang.

Kelima, Bunga Anggrek ; mewakili cinta, kemewahan serta keindahan yang langka. Anggrek pink melambangkan suka cita dan kebahagian . Sementara Anggrek ungu  memiliki makna rasa hormat dan kekaguman, selain itu Anggrek putih melambangkan kekaguman dan keindahan.

Ada kata bijak menyatakan bahwa Bunga Mawar butuh waktu untuk mekar. Kata-kata bunga memiliki makna tidak ada sesuatu yang instan untuk didapatkan. Sesuatu yang indah membutuhkan proses, sama seperti tatanan kehidupan kita semua ada impian harapan mendapatkan kesuksesan, namun semua ini ada proses waktu sendiri untuk bersinar.  Pepatah india : Semua bunga masa depan, ada di benih hari ini.

Penulis : Dobi Rizami

(Artikel di atas menjadi tanggung jawab penulis, bukan redaksi EKSPOSKaltim.com)

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%100%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0