23 Oktober 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Cetak SDM Andal dan Terampil, Pupuk Kaltim Dukung Program Handak Begawi


Cetak SDM Andal dan Terampil, Pupuk Kaltim Dukung Program Handak Begawi
Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama peningkatan kualitas SDM pada program 'Handak Begawi', Kota Bontang, Rabu (15/9). (Ist)

EKSPOSKALTIM.COM, Bontang - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tandatangani nota kesepahaman kerjasama peningkatan kualitas SDM pada program 'Handak Begawi', yang diinisiasi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bontang. Kerjasama tersebut ditandatangani SVP SDM Pupuk Kaltim Endang Murtiningsih, bersama Wakil Walikota Bontang Najirah pada Rabu (15/9).

Program Handak Begawi berupa pelatihan berbasis kolaborasi antara Perusahaan, Balai Latihan Kerja (BLK), Pemerintah, serta Lembaga Pelatihan dan Kompetensi (LPK) di Bontang. Program ini memfasilitasi masyarakat pada berbagai pelatihan kejuruan dan kompetensi, agar ke depan SDM lokal Bontang memiliki keterampilan mumpuni dan lebih berdaya saing.

Diungkapkan Endang, Pupuk Kaltim sangat mendukung program Handak Begawi sebagai upaya meningkatkan SDM masyarakat melalui serangkaian program pelatihan, sehingga mampu membuka kesempatan dan peluang kerja dengan lebih luas. Hal ini juga bagian dari komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, khususnya dalam mencetak tenaga terampil dan berdaya saing maupun wirausaha mandiri melalui penciptaan lapangan kerja.

“Pupuk Kaltim menyambut baik program Handak Begawi sebagai wujud kolaborasi dengan pemerintah, untuk penciptaan SDM yang andal dan terampil di Kota Bontang,” kata Endang.

Dikatakannya, sejauh ini peningkatan SDM masyarakat direalisasikan Pupuk Kaltim pada berbagai program secara berkesinambungan, baik melalui CSR Perusahaan maupun kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Pemerintah dan LPK binaan Perusahaan. Terlebih program Handak Begawi turut melibatkan sejumlah LPK binaan Pupuk Kaltim
yang terkonsentrasi pada berbagai kejuruan, yang diharap mampu mencetak tenaga terampil dan berdaya saing di segala bidang.

“Semoga dengan kolaborasi ini warga Bontang lebih berdaya saing dan terampil di bidang ilmu masing-masing. Pupuk Kaltim akan terus mendukung program Pemkot Bontang untuk pengembangan kapasitas masyarakat maupun di bidang pemberdayaan,” tambah Endang.

Kepala Disnaker Bontang Ahmad Aznem, mengatakan sebanyak lima LPK binaan Pupuk Kaltim terlibat dalam kerjasama program Handak Begawi, dengan tujuh konsentrasi kejuruan dan pelatihan, di antaranya LPK Suvi Training untuk kejuruan digital marketing, LKP BBEC untuk kejuruan tata boga, LPK Ayulia untuk kejuruan tata busana, LPK Sasana Widya untuk sertifikasi welder dan Inbis Permata Bunda untuk pembinaan anak berkebutuhan khusus.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama Pupuk Kaltim dengan LPK binaannya dalam mensukseskan program ini. Semoga bisa diikuti perusahaan lain di Bontang,” kata Asnem.

Menurut dia, program Handak Begawi merupakan proyek perubahan yang diinisiasi untuk menyiapkan tenaga kerja andal dan berdaya saing tinggi, sekaligus menciptakan masyarakat yang terampil di berbagai bidang. Program ini sejalan dengan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2018 tentang Rekrutmen dan Penempatan Tenaga Kerja di Kota Bontang, yang ditarget mampu mendorong kesempatan kerja dengan lebih luas melalui keterampilan yang dimiliki.

“Maka dari itu, kolaborasi diperlukan untuk penyiapan tenaga kerja andal dan terampil, sehingga warga Bontang memiliki kesempatan lebih luas di berbagai bidang pekerjaan,” lanjut Asnem.

Wakil Walikota Bontang Najirah, menyebut program Handak Begawi merupakan salah satu strategi peningkatan daya saing tenaga kerja dengan penyelenggaraan pelatihan ketenagakerjaan non APBD, melalui kerjasama dan sinergi aktif bersama Perusahaan hingga lembaga pelatihan di Kota Bontang. Hal ini bagian dari prioritas Pemkot Bontang dalam penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, dengan membekali masyarakat berbagai keterampilan agar bisa bersaing dalam dunia kerja maupun menciptakan lapangan usaha mandiri.

“Melalui dukungan perusahaan dan lembaga pelatihan di Kota Bontang, kami optimis angka pengangguran bisa terus ditekan dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” kata Najirah. (adv)

Reporter : Navra I Humas PKT    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0