24 Januari 2021
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Hindari Mengonsumsi Kopi dan Teh Saat Sahur


Hindari Mengonsumsi Kopi dan Teh Saat Sahur

EKSPOSKALTIM, Kutim - Meminum kopi atau teh di waktu sahur sangat mempengaruhi kenyamanan saat menjalani ibadah puasa di siang hari. 

Kedua minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Kopi diketahui mengandung zat yang mendorong tubuh lebih sering mengeluarkan urine sehingga tubuh lebih cepat kehilangan cairan.    

"Tak jauh berbeda jika mengonsumsi teh di waktu sahur. Keduanya dapat mengakibatkan dehidrasi, jadi disarankan di waktu sahur pada bulan puasanya ini sebaiknya menghindari minuman tersebut demi kenyamanan selama berpuasa," jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kudungga Sangatta Bahrani Hasanal, sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur (Kutim), Senin (29/05) siang. 

Kemudian, untuk memilih makanan saat sahur dan berbuka puasa secara umum diharuskan untuk memakan makanan yang memiliki kalori dan serat yang tinggi. 

Hal tersebut agar tahan dari rasa lapar selama seharian berpuasa. "Seperti makan sayuran,  makan makanan yang sehat. Tetapi harus di perhatikan makanlah secukupnya, tidak berlebihan saat berbuka," ujarnya.  

"Dan yang sangat dibutuhkan adalah air putih biasa, untuk mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa, dan juga bisa di barengi dengan yang manis, seperti buah kurma," tambahnya. 

Reporter : Nirwana    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0